Tuesday 9 January 2018

Kelas 2017

Di bulan Desember 2017, saya mendapat beberapa permintaan kelas menulis. Tapi karena merasa belum waktunya, saya hanya mencoba dua kelas menulis untuk anak. Ya, sekalian mencari tahu dan belajar gitu.

Kelas pertama berlangsung di tanggal 09 Desember 2017, bekerja sama dengan komunitas Lentera Anak Bumi.

dokumentasi pribadi

Kelas kedua, kelas menulis semi privat untuk dua penulis cilik : Tobi dan Aziel. Kalau kelas bersama Labu berlangsung dalam sekali pertemuan selama tiga jam, kelas bersama Tobi dan Aziel dibagi menjadi tiga kali pertemuan, masing-masing selama dua jam. Semacam lebih intensif gitu karena dua anak lelaki ini serius ingin membuat sebuah buku. Hebat, ya!

dokumentasi pribadi

Kalau dibilang mengajar, kayaknya engga juga sih. Kami lebih banyak berdiskusi dan saling melempar ide tentang menulis cerita pendek. Pembahasan seputar tokoh dan pengembangan cerita, yaitu bagaimana membangun karakter yang kuat dan membuat alur cerita yang menarik bagi pembaca. Seru juga!
Yah, meski begitu, saya nggak berencana membuka kelas. Soalnya, dari dua kelas ini, saya justru merasa masih harus banyak belajar lagi. Haha. 

Begitulah sedikit cerita tentang kelas 2017. Sedikit pengalaman baru-keluar-dari-zona-nyaman di dunia menulis. Terima kasih untuk kepercayaan dan kesempatannya Mbak Terra, Mbak Meinar, dan Bu Karin :)

Nah, bagaimana denganmu?
Hal seru-baru apa yang kamu lakukan di tahun 2017?
Semoga bisa menjadi energi baru di tahun 2018 ini, ya.
Tetap semangat dan terus berkarya!
\(^0^)/

No comments:

Post a Comment