Sunday 12 November 2017

Piknik di Hutan Huruf di Festival Bandung Mendongeng 2017

Pagi tadi bersama para dinosaurus mengajak pengunjung Festival Bandung Mendongeng 2017 berpiknik di Hutan Huruf.
Awal yang menegangkan, berubah menjadi menyenangkan! 

suasana dongeng di Saung Taneuh
 Anak-anak serta beberapa guru dan orang tua antusias ingin mendengarkan cerita para dinosaurus. Mereka  membantu Dilo membaca daftar belanja dan menemukan barang-barang yang dinosaurus biru itu inginkan. Mereka pun mau membantu Stevi menghias kue tart. Saat melihat roti huruf buatan Bonci dan balon-balon A-Z tiupan Dimi, para pengunjung menyanyikan lagu ABCD bersama-sama. Yeah!
 

Perlahan-lahan, ketegangan saya pun mencair...lalu hilang sama sekali!

Sesampainya di Hutan Huruf, para pengunjung terlibat aktif membaca kata dan mencari benda-benda yang disembunyikan oleh Patty. Bola, roti, baki, pita, sampai baju. Meski saya harus turun naik tangga demi mereka bisa menunjuk benda-benda yang dimaksud tersebut, saya merasa senang melihat wajah-wajah antusias dan senang mereka.


Akhirnya, saya bisa membuktikan (terutama pada diri sendiri) bahwa buku cerita-aktivitas juga bisa digunakan untuk kegiatan mendongeng. Bahkan, penonton dapat terlibat aktif menunjuk, menyebut, dan mencari sesuai aktivitas-aktivitas yang ada. Rasanya, saya tidak bercerita sendiri, tapi para penonton ikut membuat cerita tersebut menjadi utuh. 

Dan meski dokumentasi saat kegiatan ini minim karena kurangnya tim dokumentasi dan juga karena Ben mendadak harus membantu di saung lain, syukurlah masih ada dua foto di atas yang diambil oleh Kak Kuke. Terima kasih sangat sudah mendokumentasikan moment kami, Kak 😊

Spesial terima kasih, untuk si bocah keponakan bersama si kakak dan suaminya yang datang pagi tadi demi melihat saya mendongeng. Terima kasih untuk dukungan kalian yang selalu penuh dan tulus :)

Sampai bertemu di kegiatan para dino berikutnya, ya!
\(^0^)/

No comments:

Post a Comment