Wednesday 14 February 2018

Pameran Tokoh dan Rancangan Cerita

Siang ini, seperti pertemuan kedua kemarin, anak-anak terlihat bersemangat. Setengah jam sebelum kegiatan dimulai, mereka sudah berdatangan. Dengan antusias, mereka saling menunjukkan dan menceritakan tokoh cerita yang mereka buat. Pertemuan ini pun saya buka dengan "Gallery Walk." Saya menempelkan tokoh-tokoh mereka di seputar area perpustakaan, lalu meminta mereka untuk berkeliling. Tak hanya mengamati tokoh buatan teman-teman lain, setiap anak pun diajak untuk memberikan tanggapan positif terhadap tokoh temannya. Seru!

gallery walk - dokumentasi pribadi

memberi tanggapan positif -  dokumentasi pribadi

Nah, tema pertemuan ketiga  ini adalah "Merancang Alur Cerita." Saya membagi anak-anak ke dalam dua kelompok dan mengajak mereka bermain games alur cerita. Setiap anak diminta mengambil kartu secara acak, lalu membuat sebuah cerita dari rangkaian kartu tersebut dalam kelompok. Sementara itu, kelompok lain akan mendengarkan dan memberi tanggapan.

suasana saat games merangkai cerita - dokumentasi pribadi
Kelompok satu seru menyimak, sementara kelompok dua seru mencoba merangkai cerita - dokumentasi pribadi
Selesai bermain, anak-anak bekerja mandiri untuk membuat alur cerita mereka sendiri. Mereka diajak untuk menentukan awal, tengah, dan akhir cerita. Tak terasa waktu satu setengah jam berlalu sudah. Semua anak berhasil menuliskan rancangan alur mereka dan tinggal mengembangkannya di rumah sampai menjadi sebuah cerita yang utuh. 

merancang alur cerita - dokumentasi pribadi

Di pertemuan ke-4, semua anak sudah membawa cerita mereka. Pertemuan terakhir ini bertujuan untuk memberi masukan dan revisi cerita. Maka, saya membuat tiga area dimana anak-anak dapat bermain sekaligus mendapatkan ide cerita  melalui kartu cerita dan gambar-gambar yang saya bawa. Sementara mereka berkegiatan mandiri, saya memanggil mereka berpasangan untuk membaca cerita mereka, memberi masukan,  atau saran bila ada bagian yang harus direvisi. Sayangnya, karena saya single fighter hari ini, saya tidak sempat mendokumentasikan kegiatan di pertemuan terakhir ini. Kami pun tidak sempat berfoto bersama. Meski begitu, saya merasa puas dan senang ketika kegiatan berakhir. Terutama melihat rasa gembira di wajah anak-anak dan pertanyaan antusias, "Kak Rara kapan ke sini lagi?"

Ya, selesailah sudah sebulan "Menulis Cerita Pendek" di SD Sabang :)
Semoga anak-anak tetap bersemangat untuk terus mencari tahu dan mengembangkan keterampilan menulis mereka. Dan semoga suatu hari nanti, kita bisa bertemu dan berkegiatan seru bersama lagi.
\(^0^)/


No comments:

Post a Comment