Tuesday 20 February 2018

Kinderclub : Teruslah Membangun, Iggy!

suasana saat dongeng Iggy Peck Architect 
Selesai dongeng "Sekali Lagi" di Elmuloka, langsung meluncur ke Pustalakana untuk melanjutkan tugas. Seperti biasa, setiap hari Selasa adalah waktunya Kinderclub bersama Bengkimut. Saya sendiri senang menjadi fasilitator-daripada-pendongengnya, tak lain tak bukan karena saya (ikut) senang mendengarkan cerita. Lalu tentu saja, bermain sama anak-anak saat mendampingi mereka membuat kriya :D

Sudah baca Iggy Peck Architect ini?
Ceritanya bagus deh. Kalau buat saya, cerita Iggy ini cocok untuk mengenalkan cita-cita untuk anak usia dini. Kalau anaknya sudah lebih besar, temanya bisa meluas tentang bagaimana mewujudkan mimpi tersebut. Yang paling saya suka dari cerita Iggy ini adalah cara berceritanya yang anak-anak sekali. Kejadian-kejadian yang dipakai juga dekat dengan keseharian anak. Lucu dan seru, deh. Biasanya  kalau ngomongin cita-cita dan arsitek itu kesannya kan serius gitu ya. 

cover Iggy dari Amazon

Jadiii, sedikit ceritanya nih... ada seorang anak laki-laki yang bernama Iggy. Sejak kecil, ia suka membangun-apa-saja dengan benda-apa-saja-juga yang ada di sekitarnya. Dari mulai popok, pasir, sampai kue-kue. Iggy senang sekali! Nah, semua itu berubah ketika dia masuk kelas Miss-saya-lupa-namanya (maafkan). Karena pernah tersesat di gedung tinggi, Miss ini melarang Iggy membangun-apapun-dengan-benda-apapun-juga yang ada di sekitarnya. Hari-hari Iggy pun terasa kosong dan menyedihkan. Sampai suatu hari kelas mereka mengadakan piknik ke sebuah bukit. Ketika pulang, jembatan penghubung antar bukit tersebut putus! Oh, oh, apa yang harus mereka lakukan? Terlebih lagi, bisakah Iggy melakukan sesuatu dengan kemampuan membangunnya? 

Seru kan ceritanya? Anak-anak saja antusias dan ikutan tegang saat mendengar cerita Iggy. Lalu bersorak gembira di akhir cerita. 
Yahuuu!
Anak-anak lalu diajak membuat-bangunan-apapun dari kardus-aneka-bentuk yang telah kami siapkan beberapa hari sebelumnya. Selain melatih keterampilan motorik halus dan mengembangkan imajinasi, anak-anak juga diajak mengenal aneka bentuk geometri sederhana - lingkaran, segitiga, persegi, persegi panjang, dan oval. Itu kardus yang dipakai kardus bekas, loh. Jadii, kalau mau mendongengkan cerita Iggy di rumah dan membuat kriya kemudian, mudah bukan?

asyik membangun - dokumentasi pribadi

Selamat bersenang-senang!
Sampai bertemu di kegiatan seru berikutnya, ya!
\(^0^)/

No comments:

Post a Comment