Thursday 22 February 2018

Lawan Bersama Lewat Karya!

Akhirnya bisa ikut workshop menulis lagi, sodara-sodaraaa!
Sekaligus memenuhi tantangan tahun ini, yaitu mengikuti workshop dengan pemateri baru daaan memasuki lingkungan baru. 
Hehehe...Super-ultra-excited!
Maka, sambil mengumpulkan kepercayaan diri, mendaftarlah si sayah. Sebenarnya, saya sudah mendaftar untuk workshop bersama Mbak Jia via Nawala Patara, tentang "How to Plot Your Novel" di awal Maret nanti. Saya sendiri sering mendengar nama dan melihat karya (terutama novel terjemahan) Mbak Jia. Tapi belum pernah bertemu langsung, apalagi menimba ilmu. Maka tanpa ragu, mendaftar jugalah si sayah.

Workshop menulis dengan tema "Perempuan Menulis Fiksi untuk Perempuan" ini diadakan dalam rangkaian acara Women's March yang diadakan di 107 Garage Room, di Jalan Ciumbuleuit No.107.
Yang membuat saya tertarik adalah kalimat dalam flyer promosi, "Cerita fiksi sesungguhnya bisa menjadi ruang aman bagi perempuan yang ingin bercerita. Fiksi tentang perempuan, oleh perempuan, dari perspektif perempuan. Tapi seringkali kita tidak tahu bagaimana cara menumpahkan ide-ide dalam kepala kita dan mengembangkannya."
Intinya buat saya, bagaimana mengemas cerita yang menarik sekaligus menginspirasi, berangkat dari pengalaman, tapi nggak berkesan curhat.

Berikut sedikit catatan selama dua jam workshop tersebut 

catatan pelatihan

Jelas nggak kalau diperbesar? Coba nanti saya buat post sendiri untuk materinya, ya.
Senangnya hari ini, karena selain bisa menambah ilmu baru, juga tentu saja bertemu teman-teman baru. Terutama Mbak Cice- yang ternyata lingkaran pergerakan kita sama selama ini tapi belum pernah ketemu dan Mbak Veni dari salah satu penerbit. 
Dari dua jam acara, setengah jam terakhir dipakai untuk membacakan beberapa tulisan peserta. Setelah itu, acara pun ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, tim panitia, dan Mbak Jia. 
Mari tetap semangat berkarya! Lawan bersama lewat karya!
\(^0^)/

dokumentasi dari Women's March

No comments:

Post a Comment