Saturday 25 March 2017

Trik Dan Cerita Asyik Lewat Tali.



Buat saya, dongeng tali itu semacam trik sulap. Haha. Rasanya saya lebih percaya diri kalau harus dongeng tali, karena perhatian pendengar akan terbagi dengan keterampilan tangan saya memainkan tali. Jadi, mereka nggak melulu lihat wajah saya dan membaca kegugupan di sana.
*Oke, ini terlalu mengkhayal dan hiperbola.

Silahkan baca kembali paragraph di atas dan temukan kata kuncinya.
Yuphs! KETERAMPILAN TANGAN MEMAINKAN TALI.

Jadi, dalam workshop dongeng tali ini, setiap peserta diberi sebuah tali kur berbentuk lingkaran. Kak Aio lalu mengajari langkah-langkah membelitkan tali tersebut di jari-jari salah satu tangan kita. Pokoknya langkah terakhir, senjlimet apapun belitannya, tali tersebut dapat ditarik lepas dari tangan kita. 

dokumentasi Bengkimut
Kebayang kan? Setiap peserta pun mencoba sambil garuk-garuk kepala. Awalnya sulit juga sih, apalagi saya bukan orang yang terampil dengan jari-jari. Setelah coba dan coba lagi sambil menghapalkan setiap langkah, berhasil!

Lalu, Kak Aio menceritakan sebuah dongeng sambil memainkan tali sesuai yang kami pelajari tadi. Ceritanya tentang ular yang membelit kelinci. Jadi, setiap langkah belitan tali sama dengan setiap langkah cerita. Sampai akhirnya, ketika tali terlepas, si kelinci berhasil membebaskan diri dari lilitan ular. Wah, seru loh!

Setelah semua ahli dengan trik tali pertama ini dan berhasil membuat cerita baru berdasarkan trik tersebut, Kak Aio mengajarkan trik tali kedua dan menceritakan dongeng kedua. Maafkan yah, saya nggak sempat foto setiap langkah talinya. Kak Aio bilang, di youtube banyak kok videonya. Silahkan dicari, ya!

Lalu lalu, di akhir workshop, jiwa penulis saya (sok-sok) keluar.
Saya malah kepikiran bikin cerita dengan langkah-langkah trik tali. Jadi nanti selain baca atau mendongeng, pembaca bisa bermain tali. Terlebih lagi waktu Kak Aio bilang, ada juga loh dongeng origami. Sama kaya dongeng tali, cuma setiap langkah cerita disesuaikan dengan setiap langkah lipatan. Wah, kepala saya langsung penuh dengan telur-telur ide. Haha! Ternyata ada banyak cara menghasilkan cerita dan mengkombinasikannya dengan kegiatan kreatif, ya! Kak Aio bilang, banyak kok videonya di youtube. Mari kita browsing dan belajar bersama, yuk! Kira-kira selain pakai tali dan origami, dongeng apalagi ya yang seru?

"Story telling is always fun. Storytellers always having fun" - Kak Aio
 

No comments:

Post a Comment