Saturday 25 March 2017

Sebelum Dongeng Tali, Mengapa Kamu Ingin Mendongeng?



suasana workshop- dokumentasi Bengkimut

Waktu workshop dimulai, Kak Aio bertanya sama para peserta, “Kenapa mau ikutan workshop ini?” Dan, sebagai pendongeng, pengajar, ataupun orang-orang yang peduli terhadap dunia literasi anak- terutama minat baca yang angkanya mengenaskan- jawaban para peserta berkisar pada keinginan mereka supaya lebih terampil mendongeng agar kegiatan mendongeng menjadi lebih menarik, terutama bagi anak-anak.

Saya? Saya nggak jawab. Soalnya saya dikira anggota Bengkimut. Lagipula sejujurnya, saya ikutan workshop ini karena ingin bertanya langsung sama Kak Aio, “Kenapa Kak Aio memilih untuk mendongeng?”
*peserta kurang sopan macam apa kan saya ini?

Dan dan dan, saya menemukan jawaban yang selama ini saya cari. Sekaligus memotivasi saya untuk lebih percaya diri dan berani mencoba hal baru. Soalnya, sepertinya, sebagai penulis, saya nggak bisa lepas dari kegiatan mendongeng. Ya nggak sih?

Saya : Kenapa Kak Aio mendongeng?
Kak Aio : Kenapa nggak?
(lalu tertawa jahil, berdehem serius, dan melanjutkan…)
Karena mendongeng itu sederhana, mudah, dan efeknya banyak banget untuk anak-anak. Kuncinya hanya satu, KEMAUAN.

Kalian tentu tahu, kegiatan dongeng itu banyak kreasinya. Ada yang pakai wayang, boneka tangan, suara yang berubah-ubah, dan aneka properti lain. Menurut Kak Aio, mendongeng itu sederhana saja. Sebagai salah satu bentuk komunikasi (cie, aura-aura anak komunikasinya mendadak keluar), saat mendongeng kita akan melihat respon pendengar. Dari respon tersebut, cerita bisa dikembangkan, dimodifikasi, dan lain-lain. Karena, masih menurut Beliau, mendongeng berarti menciptakan pengalaman bersama. Dalam kegiatan dongeng, anak-anak umumnya tidak memikirkan ceritanya bagus atau engga, tetapi lebih merasakan. Semakin sedikit properti, semakin baik. Karena salah satu tujuan mendongeng adalah mengembangkan imajinasi.

Nah, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mendongeng, menurut Kak Aio :

1. Mental
Jawablah pertanyaan ini : mengapa kamu mau mendongeng?

2. Cerita
Carilah cerita yang kamu suka dan kuasai. Dengan demikian, kegiatan dongeng akan menjadi menyenangkan. Kamu pun dapat menyesuaikan cerita dengan respon pendengar secara lebih mudah.

3. Suara, Ekspresi, dan Gerak Tubuh
Ini merupakan kemampuan umum berkomunikasi, sesuaikan dengan diri sendiri. Jadilah dirimu sendiri.

4. Alat Bantu
Sesekali mau pakai boneka tangan, wayang, atau tali, boleh boleh saja.

Setelah sedikit membedah tentang dongeng dan persiapannya, mari kita membicarakan Dongeng Tali!



No comments:

Post a Comment