Thursday 9 March 2017

Mempersiapkan Read Aloud di Dua Tahun Pertama si Kecil.



Sesuai pembahasan sebelumnya Berkenalan dengan Read Aloud dikatakan bahwa kita dapat melakukannya bahkan sejak bayi masih dalam kandungan. Berikut adalah Read Aloud yang dapat kita lakukan di setiap bulan si kecil di dua tahun pertamanya menurut Ibu Roosie. Kenalilah karakter mereka dan cara melakukan Read Aloud yang tepat baginya.

0-2 Bulan : Listener
Tujuan Read Aloud di usia ini adalah membiasakan bayi dengan suara kedua orang tuanya. Rentang visual si bayi masih pendek. Maka, bersuaralah ketika membaca.

2-4 Bulan : Observer
Di usia ini, visual si bayi masih pendek. Kira-kira hanya 45 cm. Gunakanlah katalog book atau buku dengan gambar yang besar, yang hanya memiliki satu atau dua kata. Karena tujuan buku di sini adalah sebagai alat komunikasi.

4-6 Bulan : Cooer
Hadapkanlah buku ke bayi. Di usia ini, kita sudah dapat menggunakan pictbook sederhana. Tunjuk dan sebutlah setiap nama gambar. Kenali gumaman si bayi sebagai indikator kita untuk berhenti atau terus membaca. 

6-12 Bulan : Babbler
Di tahap usia ini, si kecil mulai suka meraih. Buku yang terbuat dari kain atau plastik akan menarik perhatiannya untuk membaca. Begitu juga dengan board book dengan halaman bergelombang, berlubang, dll. Selain membaca, buku-buku jenis ini akan menstimulus motorik halusnya dan tetap aman bagi si kecil.

12-18 Bulan : World Maker
Umumnya anak di usia ini memiliki satu buku yang akan ia baca berulang-ulang. Ia pun akan selalu bertanya apa ini, apa itu. Lakukanlah Read Aloud dengan rutin, sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Kita juga dapat mulai menggunakan buku yang memuat aktivitas anak; seperti Benji dong :D Hihi …

18-24 Bulan : Phrase Maker
Bila kita telah memulai Read Aloud sejak lahir, pada usia ini anak telah memiliki rutinitas Read Aloud. Berhentilah ketika membaca, beri si kecil kesempatan untuk bertanya, menjawab, atau menyelesaikan cerita. Tak lupa, siapkan krayon dan kertas untuk kegiatan setelah membaca.

Setelah mengenali karakter setiap usia, tugas kita berikutnya adalah memilih buku yang tepat sesuai level membaca si kecil. Kabar baiknya, kita bisa membuat buku itu sendiri! *mental penulis  banget ini ya, hehe. Nggak percaya? Yuk, kita kenali level membaca si kecil di sini
Teruslah membaca dan tetap semangat!
\(^0^)/

No comments:

Post a Comment