Thursday 9 March 2017

Mengenal Level Membaca dan Memilih (Membuat) Buku untuk Si Kecil.


Berhubung ini adalah materi saat workshop yang saya catat di notes, saya hanya akan membahas level membaca sampai level 6 sesuai ilmu yang saya dapatkan di workshop.
Oh ya, buat yang ketinggalan simak part awal post ini  Berkenalan dengan Read Aloud

Tapiii, syukur-syukur ada yang punya lebih, berbagi yuk! Tapi lagi, mari kita simpan dulu yang sedikit ini, untuk dibuka kemudian. Setuju?

Level 1 : Buku Berima
buku yang dibaca ketika bayi masih dalam kandungan.

Level 2 : Buku Berima dan Lagu
Pilihlah buku dengan warna dasar atau buku hitam putih (kayanya jarang banget ya lihat buku hitam-putih untuk anak-anak. Atau saya aja yang baru tahu?)

Level 3
Buku berilustrasi menarik yang teksnya menerangkan gambar secara langsung, merangsang rasa, bisa diraba. Kalau mau membuat sendiri, buatlah buku dengan tema tentang bayi dengan keluarga dan teman-temannya.

Level 4
Buku katalog tentang benda yang ada di sekitar. Tujuannya agar anak dapat meniru dan mengulang kata. Untuk buku yang dibuat sendiri, kita dapat membuat buku tentang ulang tahun pertama anak.

Level 5
Buku yang menceritakan tentang kegiatan rutin, kata sehari-hari (seperti terima kasih, maaf, permisi), buku yang mengajukan pertanyaan (misalnya buku “Apakah ini ekormu?”). Tujuan buku di level ini adalah supaya anak dapat menceritakan kembali. Nah agar menarik, kita juga bisa membuat buku tentang kegiatan si kecil sehari-hari.

Level 6
Buku tentang gerak bagian-bagian tubuh, tentang angka, bentuk, warna, atau buku yang menunjukkan perasaan (senang, sedih, marah, cemburu, dll). Kalau mau membuat buku sendiri, buatlah buku tentang kegiatan menarik si usia 2 tahun.

Nah, semoga catatan hasil workshop Read Aloud kemarin membantu, ya. Sebenarnya, saya malah merasa ingin mencari tahu lebih banyak lagi tentang Read Aloud. Kayanya seru dan bermanfaat banget buat anak-anak. Caranya pun tidak terlalu susah. Semoga saya bisa menemukan workshop lainnya dan membeli buku Jim Trelease. Kalau kalian punya pengalaman workshop atau bahkan kegiatan Read Aloud, dengan senang hati saya mau mendengar dan  menerima tambahan ilmunya.
Semangat! 
\(^0^)/

Foto bersama di akhir workshop - doc. Pustakalana

No comments:

Post a Comment