Sudah berapa lama ya saya jadi volunteer
kelompok dongeng Bengkimut? Kali ini, selain ditawari jadi fasilitator acara
dongeng mereka, saya dikasih tiket gratis mengikuti workshop Dongeng Tali! Huy!
Meskipun saya belum tertarik (alias
nggak percaya diri) untuk mendongeng, toh saya ambil juga kesempatan ini.
Mengapa? Pertama, bisa ketemu langsung sama Kak Aio yang terkenal itu (halah!).
Kedua, penasaran sama dongeng tali. Apa sih itu?
Maka begitulah,
Tanggal 25 Maret 2017 ini, pukul 09.00
pagi, saya sudah ada di sekolah Gagas Ceria, Bandung. Acara diawali dengan
kegiatan mendongeng oleh Kak Aio, “Kanchil yang Sebenarnya,” yang ditulis
sendiri oleh Kak Aio. Saya ikut asyik mendengarkan sambil berpikir dalam hati, “Oooh,
ini yah yang dimaksud dengan folklore.”
Adapun dongeng “Kanchil yang Sebenarnya”
ini diambil dari kisah Kancil yang terkenal suka mencuri itu. Kak Aio membuat
kisah baru, menarik cerita jauh sebelum Kancil dikenal suka mencuri. Nah,
tahukah kamu kalau sebenarnya Kancil itu sangat pandai menanam mentimun? Karena
suatu hal, dia malah dituduh mencuri. Duh! Kamu harus baca buku Kak Aio ini,
ya!
Buat saya, selain ceritanya seru dan
menyenangkan untuk anak-anak- pesannya oke pula, saya jadi lebih tergambar
tentang folklore (yep, materi workshop Room to Read kemarin, yang sampai
sekarang saya masih nggak mudeng, belum terampil, takut mencoba, dan sebagainya
*jitak!) Lumayan, dapet tambahan referensi, nih. Terima kasih, Kak Aio :D
Selesai mendengarkan dongeng, seperti
kekhasan kelompok dongeng Bengkimut- Bengkel Kriya Imut, anak-anak diajak
membuat boneka tangan Kanchil dan Gajah dari kantung kertas. Caranya mudah,
deh. Hanya butuh kantung kertas yang dihias serupa hewan sesuka hati, lalu
tempel-tempel kaki, mata, telinga, tangan yang terbuat dari karton. Lucu!
Nah, selesai bertugas jadi fasilitator
kegiatan kriya ini, istirahat makan siang satu jam, workshop Dongeng Tali pun
dimulai! Apa itu Dongeng Tali? Sebelum mencari
tahu lebih banyak, jawablah pertanyaan ini : Mengapa kamu ingin mendongeng? Meluncur!
No comments:
Post a Comment