Wednesday 25 October 2017

Growl! - Terima Kasih!

Bermula pada bulan Oktober 2015... 
Mencari ide, berdiskusi, lalu mulai menulis lagi. Pada bulan 18 Desember 2016, naskah seri Kota Dino yang terdiri dari tiga judul diterima dengan baik oleh Penerbit BIP. Proses ilustrasi pun dimulai sepanjang tahun 2016-2017. Hingga pada akhirnya, 28 Agustus 2017, "Warna-Warni di Kota Dino" dan "Piknik di Hutan Huruf" terbit dan siap menemani para pembaca.

Para Dino (dan penulisnya, tentu saja) ingin berterima kasih kepada : 
  • Tuhan yang Maha Kuasa, untuk segalanya,  terutama untuk setiap berkat dan kegembiraan dalam dunia menulis. 
  • Benji, terima kasih sudah menjadi bagian hidup saya, tak hanya di dunia nyata tapi juga di dunia kata-kata. Semua cerita ini tak akan ada tanpa kepercayaan, dukungan, dan semangatmu.
  • Keluarga saya- terutama Risma dan Shima, yang memaklumi waktu-waktu 'menghilang' saya. Yang selalu antusias dan ikut semangat setiap kali naskah saya menembus penerbit- meski seringkali nggak tahu ceritanya tentang apa. Terima kasih karena selalu ada dan membiarkan saya bertumbuh meski kerap kali saya berbeda.
  • Teman-teman guru di sekolah Talenta, yang dengan senang hati berdiskusi dan berbagi ilmu tentang tahap-tahap belajar membaca dan berhitung anak usia dini. Tanpa kalian, para dino tidak akan sepintar dan semenyenangkan ini.  
  • Para Pembaca Benji, untuk setiap apresiasi, rasa antusias, dan masukannya terutama melalui kalimat, "Buku berikutnya tentang ___, dong!" Terima kasih untuk dukungan dan keterlibatan kalian.
  • Pak Yogi, editor baik hati, panjang sabar, dan selalu terbuka untuk berdiskusi. Terima kasih untuk masukan dan semangatnya, Pak! Juga tahan menghadapi kecemasan dan rentetan rewel pertanyaan saya.
  • Mbak Vidya, yang meski namanya tidak tertulis di buku (sejak jaman seri Benji, nih), bukti kerja kerasnya terlihat jelas di para dino. Terima kasih sekali atas kejeliannya dalam melihat gambar, layout, dan kesinambungan antara teks-ilustrasi-aktivitas. Meski saya sadar naskah saya seringkali membuat bingung, terima kasih karena tidak pernah menyerah mewujudkan para dino, Mbak Vid.
  •  Mbak Nita, sang ilustrator, yang cepat sekali beradaptasi terhadap tipe naskah cerita-aktivitas saya ini. Meski naskah awal para dino dijamin ribet dan banyak printilannya, terima kasih sudah menghidupkan mereka, Mbak Nita. Dan sudah bekerja keras di tengah berbagai hambatan yang (seolah tak ingin ketinggalan) berdatangan. 
  • Mas Siechara Stephen, yang telah membantu untuk proses redesain para dino. Terima kasih banyak, ya!
  • Ce Evi, untuk dukungan dan doanya supaya para dino tertulis lancar, bahkan sejak masih tahap draft. Terima kasih, Ce...
  • Dan tentu saja, Penerbit BIP, si Rumah Cerita saya. Terima kasih untuk kesempatan dan kepercayaannya. Senang bisa bekerja sama kembali.

Dan lihatlah betapa gembiranya para dino karena banyak tangan dan doa yang membantu mewujudkan mereka ke dunia. Terima kasih sangat!

Selamat membaca!
\(^0^)/

gambar dari "Piknik di Hutan Huruf" Ilustrasi Mbak Nita Darsono

2 comments:

  1. Rara, ini keren banget. Jadi penasaran sama buku seri Dino nih. Ntar beli ah buat bacain ponakan-ponakan. Terus menulis ya. Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. Terima kasih, Mbak Monica..semoga para keponakan suka, ya :)

      Delete