Saturday 24 March 2018

Komcil Maret : Kalos Elmi dan Para Domba

terbit Maret 2018 di Majalah Komunikasi Keuskupan Bandung

Hai, kenalkan seri cerita terbaru yang akan muncul per dua bulan sekali di majalah Komunikasi Keuskupan Bandung, tepatnya di halaman Komunikasi Kecil atau Komcil : Kalos Elmi dan Kawanan Domba.
Senang sekali masih bisa berkontribusi untuk Majalah Komunikasi di tahun 2018. Nah, supaya berbeda dengan tahun kemarin, sekaligus menantang diri sendiri, saya mencoba membuat cerita berseri.

Tujuan cerita Kalos Elmi adalah mengenalkan sosok Tuhan yang Maha Baik kepada anak-anak pembaca Komcil. Nah, kalau di Katholik ada sebuah perumpaan- kalau Tuhan adalah gembala, sementara kita adalah domba-dombanya. Saya sendiri lalu penasaran, mengapa begitu, ya?

Setelah melakukan riset, ternyata domba adalah kawanan yang lemah. Mereka membutuhkan seseorang untuk menjaga dan memimpin mereka agar tidak tersesat. Meski begitu, domba adalah hewan yang peka, ia bisa mengenali suara gembalanya. Sebuah penelitian di Arab gitu ya(saya baca di salah satu artikel) menceritakan tiga gembala dan domba-domba mereka di sebuah padang rumput. Ketika waktu merumput habis, para gembala memanggil domba-domba tersebut. Ajaibnya, setiap domba mampu mengenali penggembalanya. Tidak ada yang tertukar. Menurut cerita, gembala sendiri mempunyai cara sendiri untuk menjalin ikatan kepercayaan dengan dombanya, misalnya dengan memberi makan dan mengajak mereka mengobrol. Keren, ya?

Maka saya pun terbayang menceritakan kebaikan Tuhan pada anak-anak dengan menggambarkannya dalam cerita keseharian seorang gembala dan domba-dombanya. Dalam cerita nanti akan ada tiga domba, yaitu Ovis, Bovi, dan Caprin. Satu domba penuh rasa ingin tahu, satu domba keras kepala, dan seekor lain yang sangat disiplin. Mereka akan memeriahkan hari-hari Kalos Elmi. Kira-kira, mampukah Kalos Elmi menggembalakan mereka? Ikuti terus ceritanya di bulan Maret, Mei, Juli, September, dan November.

Cerita pertemuan pertama mereka sudah dimuat di Komunikasi bulan Maret, yang terbit tanggal 12 Maret 2018 kemarin. Selamat membaca!
\(^o^)/


No comments:

Post a Comment