Friday 2 September 2016

Mengintip Cerita di Balik Seri Benji.

Sebuah Penantian ... Perjuangan ... Dan pencapaian yang menyenangkan.
  1. Pertengahan tahun 2013, saya mengirimkan naskah kumpulan dongeng kepada penerbit BIP. Setiap tiga bulan sekali, saya rajin menanyakan kabar naskah itu.
  2. Januari 2014, saya mendapat kabar dari BIP. Naskahnya ditolak T_T.  Untungnya, sepanjang penantian, saya terus menulis dan memiliki beberapa cadangan naskah. Tak pantang menyerah, saya langsung mengajukan naskah lain, yaitu seri cerita dan aktivitas untuk anak usia dini.
  3. Sebenarnya, naskah seri Benji dikirim bersama empat buah naskah seri lain. Entah mengapa, Benji ini yang terpilih untuk diterbitkan. Nah, semoga naskah berikutnya bisa menyusul diterbitkan juga ya... Hehehe.
  4.  Maret 2015, bertemu editor untuk naskah Benji; Pak Alf Yogi. Naskah yang terdiri dari lima judul ini harus direvisi; dari 24 halaman menjadi 48 halaman spread. Saya cukup berjuang merevisinya. Pertama, belum ada pengalaman. Kedua, selama ini belajarnya otodidak. Namun, semua terasa menantang dan menyenangkan. Dan untungnya, Pak Editor sangat pengertian.
  5. April 2015 - April 2016, proses ilustrasi kelima seri Benji mulai berjalan. Selain Mbak Nita Darsono sebagai ilustrator, ada juga Mbak Vidya dari BIP yang membantu mereview kesesuaian antara gambar, teks, juga aktivitas. Saya sangat terbantu oleh masukan mereka berdua :)
  6. Juni 2016, seri Benji dan covernya di re-design oleh Kak Sul Nugroho dan Kak Amygo Febri. Bulan ini pun merupakan pengecekan terakhir seluruh naskah final Benji sebelum naik cetak.
  7. Juli 2016, kelima buah seri Benji terbit bersama di seluruh toko buku Gramedia
Prosesnya panjang, ya? Iya, tapi menyenangkan.
Kalau ditanya bagaimana perasaan saya saat seri Benji terbit ... 
Hmm, jawabannya lega dan bangga.
Di balik lahirnya Benji, ada proses panjang yang saya lalui dengan sabar dan penuh kerja keras. Ada banyak tangan yang peduli, membantu dan memperbaiki di setiap tahapannya. 
Bersama mereka, saya merasa telah berusaha mewujudkan Benji dengan maksimal.

Ilustrasi awal "Benji dan Serangga di Sekitar" oleh Nita Darsono

Nah, buat kalian yang sudah memiliki dan membaca Benji, saya tunggu masukan dan sarannya. Benji ada di  Goodreads loh.
Kalau mau berbagi foto dan review di Instagram juga, dengan senang hati saya terima. 
Silahkan tag saya :  @eugeniarakhma. 

dokumentasi pribadi
Dan akhirnya,
Selamat menyambut September yaaa.
Semoga selalu sehat, senang, dan semangat!
Terima kasih untuk dukungan kalian selalu :)

2 comments:

  1. Semoga saya juga punya kesabaran seperti Eugin, saya sedang memperjuangkan kemcer saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Mbak Iis Soekandar. Temukan teman yang bisa terus mendukung saat lelah. Ditunggu loh kumcernya :)

      Delete