Wednesday 12 October 2016

(Sedikit) Asal Usul Kelahiran Benji.

Setiap kali orang-orang bertanya dengan bingung, "Bagaimana sih cara menceritakan buku seri Benji pada si kecil?"
Saya dihinggapi rasa cemas. 
Duh, Benji bisa membantu anak-anak secara maksimalkah?

Atau setiap kali orang bertanya dengan heran, "Ngapain sih bikin buku aktivitas? Kenapa nggak pictbook atau dongeng sekalian!"
Saya menelan ludah pahit. Dalam hati berkata, buku aktivitas itu juga pictbook. Ada ceritanya juga tahu.
Yang saya bisa lakukan adalah kembali mengingat tujuan awal saya mengapa menulis seri Benji.
Dan siang ini, saya seolah diingatkan bahwa mimpi waktu itu terwujud nyata.

repost from mama Halmar a.n Giratri on Instagram.

"He can differentiate each phase of the morph cycle. and now Abang's newest favorite word : Imago! - @giratri

Yaphs, seri Benji hadir karena jaman-jaman mengajar dulu, para Mama-Papa seringkali bertanya.
"Miss, hari ini belajar apa? Tentang apa aja itu teh, Miss?"
Atau ketika anak-anak mereka lebih asyik bermain sendiri di kelas, mereka akan bertanya,
"Jadi di rumah saya harus mengulangnya gimana, Miss? Enaknya main apa?"
Ditambah saat itu, saya lumayan kesulitan mencari buku-buku cerita untuk anak usia dini- yang ceritanya sesuai dengan tema dan target perkembangan usia mereka. Jadi kebanyakan saya bikin cerita versi saya sendiri. *PD jaya.
Nah, gabungkanlah semua unsur-unsur di atas dan voila! begitulah seri Benji tercipta :)

Saya akui, saya tidak membuat seri Benji hanya untuk anak-anak.  Terlebih saya membuatnya sebagai alat bantu para orang tua di rumah. Agar mereka mengetahui tema dan batasan tema yang dikenalkan kepada si kecil sesuai dengan tahap usianya. Kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan untuk melatih keterampilan berbahasa, motorik halus, bahkan kognitif si kecil di rumah. Harapannya, si kecil akan merasa bahwa kegiatan membaca merupakan kegiatan yang menyenangkan. Dan karena mereka berkontribusi pada halaman-halaman Benji (dengan ikut mewarnai, menebalkan garis, menempel, dll), mereka akan mengulang membaca dan menyerap nilai-nilai karakter di dalamnya.

Hari ini mimpi itu terwujud.
to help and have fun with the children, even with the parents.

Kamu tak hanya belajar tapi juga bermain.
Kamu tak selesai dengan hanya membaca, namun melakukan kegiatan menyenangkan setelahnya. 
Dan semoga kamu menjadi semakin cinta baca dan mempelajari lebih banyak hal lagi.

Like always,
Have fun with Benji, ya!
\(^0^)/

No comments:

Post a Comment