Friday 7 October 2016

Akhir Cerita dan Awal Baru.

Aloha!
Saya kembali setelah menyepi.
Hihi.

Yuphs, sementara 20 peserta melanjutkan perjalanan dengan revisi, revisi, dan revisi naskah workshop yang lolos audisi, saya belum beruntung *seret koper kaya peserta AFI :D
Padahal, waktu mau ikut workshop, saya nggak tahu bahwa naskah-naskah potensial bakal diterbitkan sama Room to Read dan lembaga mitranya. Pokoknya, bisa ikut workshop, menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

Tapi ya dasar, manusia seperti saya nggak pernah puas. Waktu tahu naskahnya nggak lolos, mau nggak mau saya :
1. Menangis sekali.
2. Menyepi sehari.
3. Okeh, mari menulis naskah lagi.
Begitulah.
Bagaimanapun kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda ... (yang menyakitkan). Hahaha.
Tapi, bukan berarti kita nggak bisa bangkit, kan?
Semangat!

Lalu lala...apakah rencana selanjutnya?
Berhubung saya merasa masih kekurangan ilmu, saya mau ikut workshop tahun depan.
Meski ini akhir cerita dari Workshop Room to Read 2016, buat saya ini awal yang baru.
Untuk mengaplikasikan ilmu. Latihan. Dan menulis lebih banyak lagi.

Berikut saya rangkum materi selama workshop di sini, supaya nanti gampang dicari :
1. Mengenal Pembacamu
2. Membuat Karakter Cerita
3.Memahami Sembilan Cara Bercerita
4. Memahami Elemen-elemen Cerita
5. Mengadaptasi Cerita Rakyat

Semoga kita lolos audisi berikutnya dan bisa bertemu, ya :)
\(^0^)/
Semangat!

sumber gambar : google





 "A professional writer is an amateur who didn't quit."
- Richard Bach -

2 comments:

  1. thanks Rara, rangkumannya sangat bermanfaat. Soalnya buku catatanku tertinggal di rumah sepupu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Lia. Senangnya kalo bisa bermanfaat :). Aku malah kopian tentang pembagian level yang dibagiin itu ilang, loh..entah kapan dan dimana T_T

      Delete