Saturday 13 August 2016

Mengapa Membaca Seri Benji?



Ilustrasi : Nita Darsono

Karena Benji ingin membantu menumbuhkan minat baca si kecil sejak dini melalui kegiatan membaca yang menyenangkan. Selain itu, berikut beberapa manfaat membaca buku seri Benji :

1)      Si kecil belajar tentang berbagai emosi; baik senang, sedih, kecewa, bahkan marah. Mintalah si kecil untuk menirukan berbagai ekspresi yang ada atau menanyakan bagaimana perasaan si kecil. Misalnya, "Bagaimana perasaanmu saat hari hujan?"
2)      Melalui keindahan ilustrasinya, si kecil diajak untuk :
a)      Berpikir kritis :  “Mengapa Benji bersedih saat hari hujan?” (buku Benji dan Musim Hujan).
b)      Berimajinasi dan bersikap kreatif : “Kira-kira Benji pergi kemana lagi ya kalau sedang berlibur di pantai?” (buku Benji dan Musim Panas).
c)      Meningkatkan kemampuan visual : “Dari mana kamu tahu Benji berada di taman? Ada apa saja di taman?”  (buku Benji dan Serangga di Sekitar).
3)      Si kecil dapat terlibat aktif melalui halaman aktivitas yang ada atau melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seputar cerita atau gambar.
4)      Cerita-cerita dalam seri Benji relevan dengan pengalaman keseharian si kecil : pergi ke sekolah, bermain bersama teman, membereskan mainan, bermain hujan, pergi ke taman, sampai berlibur ke pantai.
5)     Tema-tema yang diangkat dalam seri Benji beragam. Hal ini didasari oleh pentingnya menyediakan bacaan yang beragam untuk si kecil untuk menumbuhkan minat bacanya. Mengapa? Karena tentu saja, setiap anak memiliki kebutuhan dan minat yang berbeda. Beragam tema yang diangkat dalam kelima seri Benji adalah tentang sains (Benji dan Serangga di Sekitar), sosialisasi (Benji dan Teman-teman), kemandirian (Benji Anak Sehat), bermain (Benji dan Musim Hujan), bepergian (Benji dan Musim Panas).

Nah, selamat membaca dan bersenang-senang bersama Benji, ya!
\(^0^)/

No comments:

Post a Comment